Sasaran Program Studi Magister Statistika Terapan Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Padjadjaran adalah

  1. Program studi memiliki akreditasi A pada tahun 2018
  2. 2. 95 persen mahasiswa lulus tepat waktu dengan rata-rata IPK 3,60
  3. 100 persen lulusan memiliki waktu tunggu kerja paling lambat tiga bulan.
  4. Memperoleh satu HaKI setiap dua tahun.
  5. Publikasi ilmiah mahasiswa sekurang-kurangnya75% di tingkat internasional dan sebanyak-banyaknya 25% tingkat nasional.
  6. 100 persen dosen yang melakukan penelitian dengan melibatkan mahasiswa program magister untuk penelitian tesisnya.
  7. Rata-rata lama studi 3 semester.
  8. Peningkatan kerjasama akademik (sekurang-kurangnya 2 PKS dalam satu tahun).
  9. Kuantitas dan kulitas penelitian dosen meningkat.
  10. Pada tahun 2027, program studi bersertifikasi ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA)

Untuk mencapai sasaran tersebut, diperlukan berbagai strategi. Program Magister Statistika Terapan membagi strategi tersebut ke dalam dua kategori, yaitu strategi jangka pendek (periode 2017 – 2021) dan strategi jangka panjang (2022 – 2027). Pada strategi jangka pendek, diarahkan pada pencapaian program studi unggul yang berkarakter khusus. Adapunstrategi jangka panjang diarahkan pada pencapaian sertifikasi di tingkat regional ASEAN. Secara lebih terperinci, strategi-strategi yang akan/sedang dilakukan adalah sebagai berikut:


A.Strategi Jangka Pendek, 2017-2021 (5 tahun menjadikan program studi unggul dan berkarakter);
1. Revitalisasi kurikulum.

a. Evaluasi kurikulum untuk melihat beberapa hal sebagai berikut:
Kesesuaian dengan level 8 Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) untuk program magister terapan.
Mengikuti kebutuhan masyarakat pengguna akan perkembangan ilmu statistika
Updating keahlian dosen atau fokus riset dosen
Informasi dari alumni dan pimpinan di tempat alumni bekerja
b. Pembenahan kurikulum yang mampu menguatkan penciri khusus dari prodi
c. Penyempurnaan kurikulum khususnya materi-materi ajar dilakukan setiap semester.
d. Penataan struktur kurikulum program studi.
e. Pelaksanaan proses evaluasi kegiatan belajar mengajar setiap semester.
f. Pemutakhiran (upgrading) SAP dan GBPP menjadi Rencana Penyusunan Kegiatan Perkuliahan Semester (RPKPS).